Rabu, 23 April 2014

Cara Paling Ampuh, Biar Lolos dari Razia Polisi

Razia polisi, sekarang nampaknya cukup menjadi momok bagi para pengendara, baik motor maupun mobil ya bro-sis. Kadang dengan kelengkapan yang kita miliki pun masih dijadikan alasan untuk diberhentikan. Terutama di lampu-lampu merah di kota besar, atau jalan-jalan arteri. tapi tau nggak bro-sis, ternyata kita juga berhak lho menanyakan alasan razia tersebut, nih beberapa pertanyaan yang bisa bro-sis tanyakan saat kena razia.

Tanya Legalitas/Keabsahan Razia


Banyak sering kita temui atau pernah dirasakan bahwa polisi lalu lintas secara mendadak memberhentikan kendaraan yang melintas. Pastinya ada satu alasan tuh bro-sis. Tapi jangan panik bro-sis, tanyakan saja keabsahan Razia atau alasan anggota polisi tersebut memberhentikan kendaraan secara baik-baik. Baik berupa tanda pemberitahuan (biasanya sebelum razia ada tanda pemberitahuan), atau surat tugas anggota polisi yang bertugas dari polsek/kesatuan mana, hal tersebut bisa ditanyakan langsung melalui anggota maupun komandannya. Razia gabungan atau resmi biasanya terdiridari lebih dari 10 personil. Kalau kurang dari itu (apalagi tanpa tanda pemberitahuan) maka patut dicurigai kalau itu bukan razia resmi. Namun begitu, bersifatlahrespect dan koperatif, maka akan semakin memudahkan bro-sis dari Razia.

Tanyakan Modus Razia


Banyak pengendara yang kurang paham dengan beberapa modus razia. Aparat kepolisian melakukan razia dengan beberapa alasan misalnya razia gabungan dengan memeriksa semua kelengkapan kendaraan bermotor, atau razia yang bersifat tentatif seperti curanmor, narkoba, atau perampokan di suatu wilayah. Nah ini penting nih bro-sis, dan wajib ditanyakan. Sekali lagi bersifatlah koperatif dan jangan nyolot.

Tanyakan Keperluan


Nah, apabila 2 hal tadi sudah ditanyakan, bro-sis bisa tanya kembali alasan bro-sis diberhentikan, terlebih bro-sis merasa lengkap dengan kelengkapan berkendara, seperti memakai helm, spion lengkap, lampu utama menyala, pentil ban terpasang dengan baik, tak melintasi jalur busway, dan motor standar pabrikan. Yang harus ditekankan disini adalah bertanyalah secara santun.

Waspadai 'Oknum' Anggota Polisi


Saat ada gelaran razia, ada saja 'oknum' anggota polisi yang memanfaatkan momentum itu untuk mengeruk kepentingan pribadi (biasanya langsung nilang dengan alasan yang nggak masuk akal), nah bro-sis harus waspada dengan hal yang satu ini. Dan apabila tak merasa benar dan masih tetap ditilang, bersikaplah tenang dan mintalah keterangan langsung dari komandannya (biasanya nunggu di mobil). Tanyalah baik-baik dan jangan menghakimi, dijamin komandan akan lebih welcome dan lugas dalam menjelaskan. bahkan mungkin bila bro-sis bersifat respect, akan mendapatkan perlakukan yang setimpal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar